KULIT

Aku adalah Kulit. Aku merupakan organ terbesar yang terdapat di seluruh tubuh dan terdiri dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi spesifik.

Aku berfungsi sebagai alat pelindung tubuh terhadap segala bentuk rangsangan. Selain itu, aku juga berfungsi sebagai alat ekskresi yaitu untuk mengeluarkan keringat.

Berdasarkan strukturnya, Aku terdiri dari dua lapisan, yaitu Epidermis dan Dermis.

Epidermis tersusun atas beberapa jaringan yaitu:

  1. Stratum Korneum (Lapisan Tanduk), tersusun atas sel-sel mati dan selalu mengelupas. Terdiri atas 15-20 lapis sel gepeng, tanpa inti dengan sitoplasma yang dipenuhi keratin. Stratum Korneum mengalami Deskuamasi (Kehilangan sisik) secara terus menerus pada permukaannya. Sel-sel yang kehilangan sisik tersebut mengalami pembaruan selama proses keratinisasi (pembentukan zat tanduk / keratin).
  2. Stratum Lusidum

Tersusun atas sel-sel yang tidak berinti dan berwarna bening.

  1. Stratum Granulosum

Terdiri atas 3-5 lapis sel poligonal gepeng yang sitoplasmanya berisikan granul keratohialin. Mengandung pigmen warna Kulit (Melanin).

  1. Stratum Spinosum

Terdiri atas sel-sel kuboid. Sel-sel spinosum saling terikat dengan filamen; filamen ini memiliki fungsi untuk mempertahankan kohesivitas (kerekatan) antar sel dan melawan efek abrasi. Dengan demikian, sel-sel spinosum ini banyak terdapat di daerah yang berpotensi mengalami gesekan seperti telapak kaki.

  1. Stratum Basal

Merupakan lapisan paling bawah pada epidermis, terdiri atas selapis sel kuboid. stratum ini bertanggung jawab dalam proses pembaharuan sel-sel epidermis secara berkesinambungan, karena aktif membelah membentuk sel-sel baru ke arah luar.

Dermis , yaitu lapisan kulit di bawah epidermis, memiliki ketebalan yang bervariasi bergantung pada daerah tubuh dan mencapai maksimum 4 mm di daerah punggung.

Terdapat beberapa alat tubuh, diantaranya:

  1. Kelenjar Minyak (Glandula sebacea)

Menghasilkan minyak yang berfungsi untuk mencegah kekeringan pada kulit dan rambut.

  1. Kelenjar Keringat

Kelenjar ini tersebar luas pada sebagian besar permukaan tubuh. Air yang keluar dari kelenjar keringat tidak hanya berfungsi mensekresikan garam Mineral dan Urea ynag larut, tetapi juga berfungsi untuk menguapkan sebagian panas tubuh guna mengatur suhu tubuh.

  1. Rambut

untuk menahan panas dan dingin.

Penyakit yang dapat kuderita beberapa comtohnya adalah:

  1. SCABIES

Scabies disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei. Betina yang hamil bersarang dalam lapisan tanduk dari epidermis. Di sini ia bertelur beberapa butir setiap hari yang menetas mengeluarkan banyak pinjal muda yang makan dalam orifisium dari glandula skretoris. Gejalanya adalah gatal yang dapat menular.

  1. Panu

Merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit panau ditandai oleh bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita. Jamur yang menyebabkan panau adalah Malassezia furfur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s